Tak Hanya Manusia, Korsel Lakukan Tes Covid-19 pada Kucing dan Anjing Peliharaan

Ilustrasi (Foto: Pixabay)
Ilustrasi (Foto: Pixabay)

123berita.com – Pemerintah Kota Seoul, Korea Selatan (Korsel) menyatakan mereka akan melakukan tes Covid-19 terhadap binatang peliharaan jenis kucing dan anjing apabila menunjukkan gejala terpapar virus corona. Kebijakan ini menyusul adanya laporan kasus Covid-19 pertama pada anak kucing beberapa pekan lalu.

Hanya hewan peliharaan menunjukkan gejala seperti demam atau kesulitan bernapas setelah terpapar manusia pembawa virus yang akan diuji. Hewan peliharaan harus dikarantina di rumah jika dinyatakan positif terkena virus corona.

Bacaan Lainnya

Menurut Yonhap, pejabat pengendalian penyakit setempat, Park Yoo-mi pada konferensi pers virtual mengatakan hewan peliharaan tidak perlu dikirim ke fasilitas isolasi karena tidak ada bukti Covid-19 dapat menyebar antara manusia dan hewan peliharaan.

Namun, jika pemilik hewan peliharaan dirawat di rumah sakit karena Covid-19, atau mengalami sakit parah, atau terlalu tua untuk merawatnya, hewan tersebut akan dikarantina di fasilitas yang dikelola pemerintah kota.

Di Korea Selatan, penderita Covid-19 pada manusia umumnya ditempatkan di fasilitas karantina jika tidak membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Pos terkait

BACA JUGA