Tak Hanya Manusia, Korsel Lakukan Tes Covid-19 pada Kucing dan Anjing Peliharaan

Ilustrasi (Foto: Pixabay)
Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Park Yoo-mi mengingatkan masyarakat untuk menjaga hewan peliharaan mereka setidaknya dua meter dari manusia dan hewan peliharaan lainnya saat berjalan-jalan.

Yonhap melaporkan, awal bulan lalu, seekor anak kucing yang ditemukan di sebuah fasilitas keagamaan di kota Tenggara Jinju diketahui terinfeksi virus corona. Otoritas kesehatan setempat mencurigai seorang ibu dan putrinya yang tinggal di fasilitas itu telah menularkan virus kepada anak kucing tersebut. Keduanya dinyatakan positif Covid-19.

Bacaan Lainnya

Melansir BBC, Selasa (09/02/2021), para ahli sebelumnya mengatakan sangat kecil kemungkinannya seekor anjing atau kucing dapat menularkan virus kepada manusia, meskipun penelitian telah menunjukkan kucing mungkin dapat membawa virus dan menularkannya ke kucing lain.

Secara global, beberapa hewan peliharaan dinyatakan positif terkena virus, meskipun kasus seperti itu umumnya cukup jarang terjadi. Bulan lalu, dua gorila di Taman Safari Kebun Binatang San Diego tertular Covid-19 dari seorang pawang manusia. Ini menjadi kasus infeksi pertama yang diketahui pada primata.

Covid-19 juga telah ditemukan di sejumlah hewan liar lainnya, termasuk singa dan harimau di Kebun Binatang Bronx di New York. Kasus serupa juga didapati pada singa di Kebun Binatang Barcelona di Spanyol. (and)

Pos terkait

BACA JUGA