Tak Mau Kalah, Orangutan di AS Disuntik Vaksin Covid-19

123berita.com – Sembilan ekor kera besar di Kebun Binatang San Diego di Amerika Serikat (AS), di antaranya empat orangutan dan lima bonobo membuat sejarah baru. Primata itu menjadi hewan pertama di dunia yang disuntik vaksin Covid-19.

Salah satu penerima vaksin adalah orangutan betina Sumatra bernama Karen. Primata berusia 28 tahun itu sebelumnya juga sempat menjadi topik pemberitaan ketika dia menjadi kera pertama yang menjalani operasi jantung terbuka pada 1994.

Bacaan Lainnya

Melansir Al Jazeera, Jumat (05/03/2021), juru bicara kebun binatang Darla Davis dalam emailnya kepada Reuters mengatakan, masing-masing dari sembilan kera itu menerima dua dosis vaksin eksperimental yang awalnya dirancang untuk anjing dan kucing. Hasilnya, kera tidak menunjukkan reaksi yang tak diharapkan. Semuanya dalam keadaan baik.

Petugas kebun binatang melanjutkan pengambilan gambar karena kekhawatiran tentang kesehatan hewan setelah delapan gorila di Taman Safari Kebun Binatang San Diego yang berafiliasi jatuh sakit terpapar Covid-19 pada Januari lalu.

Hal itu menandai penularan virus corona pertama yang menjangkiti kera besar. Kuat dugaan, gorila-gorila itu tertular dari anggota staf yang merupakan orang tanpa gejala.

Kedelapan gorila, termasuk “punggung perak” jantan berusia 48 tahun bernama Winston yang menderita pneumonia dan penyakit jantung, saat ini kondisinya telah membaik. Mereka sedang dalam masa pemulihan.

Winston mendapatkan perawatan dengan berbagai obat, termasuk terapi antibodi virus corona untuk nonmanusia. Gorila tidak divaksinasi karena dokter hewan berasumsi sistem kekebalan tubuh mereka telah mengembangkan antibodi terhadap virus. (and)

Pos terkait

BACA JUGA