Terimpit Ekonomi, Brno Resmi Absen dari MotoGP 2021

123berita.com – Sirkuit Brno memutuskan untuk tidak mengadakan acara kejuaraan balap dunia sepanjang 2021. Itu artinya tak ada MotoGP Republik Ceko musim ini.

Grand Prix Republik Ceko di Brno kali pertama digelar pada 1965 dan selalu menjadi langganan dalam jadwal kalender MotoGP. Adapun sirkuit saat ini kali pertama digunakan untuk balap GP pada 1987 dan menjadi tuan rumah GP Cekoslowakia hingga 1991.

Bacaan Lainnya

Gelaran bergengsi ini kembali dihidupkan pada 1993 sebagai GP Republik Ceko dan tak pernah absen sejak saat itu.

Sementara kali ini, balapan di Ceko telah dicoret dari draf awal kalender MotoGP 2021. Kendati demikian, GP Republik Ceko tetap dicadangkan sambil menunggu pengaspalan ulang seperti diminta para pembalap atas alasan keamanan.

Namun, pandemi Covid-19 dan ketidakhadiran penonton di pinggir lintasan membuat pengaspalan ulang sulit dilakukan. Pasalnya, anggaran yang dibutuhkan sangat besar.

Tanggal yang sebelumnya telah ditetapkan untuk balapan di Sirkuit Brno sudah dihapus dari pembaruan kalender MotoGP bulan lalu. Pengelola sirkuit secara resmi mengonfirmasi tidak akan mengadakan acara kejuaraan dunia apa pun pada 2021.

“Kami memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam menyelenggarakan kompetisi kejuaraan dunia dan kami sangat memahami persoalan ekonomi. Tidak ada acara olahraga atau budaya penting dunia yang secara ekonomi dapat diselenggarakan tanpa dukungan publik yang tepat,” jelas Direktur Automotodrom Brno, Ivana Ulmanová, dikutip dari Crash, Selasa (02/02/2021).

Dengan demikian, Brno sekarang akan fokus pada motorsport domestik dan sewa komersial arena pacuan kuda kepada klub dan agensi, sambil menunggu kebijakan pemerintah tentang pandemi Covid-19. (and)

Pos terkait

BACA JUGA