Tesla Segera Bangun Pabrik Mobil Listrik di India, Indonesia Terpental?

Tesla Inc telah mendekati kesepakatan untuk memproduksi kendaraan listrik di India (Dok. Glitched)
Tesla Inc telah mendekati kesepakatan untuk memproduksi kendaraan listrik di India (Dok. Glitched)

123berita.com – Tesla Inc telah mendekati kesepakatan untuk memproduksi kendaraan listrik di India. Langkah ini membuka peluang pertumbuhan baru setelah menyiapkan produksi di Tiongkok.

Menurut pejabat setempat, Tesla telah memilih Karnataka, sebuah negara bagian Selatan dengan ibu kota Bangalore untuk pabrik pertamanya. Produsen mobil milik Elon Musk telah bernegosiasi dengan pejabat lokal selama enam bulan dan secara aktif mempertimbangkan perakitan mobil di pinggiran Kota Bangalore.

Bacaan Lainnya

Tesla saat ini tengah melakukan uji tuntas untuk real estate perkantoran di wilayah tersebut dan berencana mendirikan fasilitas R&D. Tesla cenderung berfokus pada Bangalore karena akan menjadi pusat kendaraan listrik dan manufaktur dirgantara. Raksasa mobil listrik ini telah memasukkan unit India dan kantor terdaftar di pusat Kota Bangalore.

Chief Executive Officer Elon Musk memastikan Tesla akan memasuki India pada Januari setelah berbulan-bulan menjadi spekulasi. Orang terkaya dunia itu mencuit di Twitter, “seperti yang dijanjikan”.

Postingan Elon Musk ini sebagai respons atas pernyataan di sebuah blog menyebut Tesla sedang dalam proses pembicaraan dengan beberapa negara bagian India untuk membuka kantor, showroom, pusat penelitian dan pengembangan, dan mungkin sebuah pabrik.

Kepastian Tesla berinvestasi di India telah menimbulkan euforia penduduk setempat. Terlepas dari hype, penetrasi produsen mobil itu ke Negeri Hindustan bisa jadi akan menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, India belum meluncurkan acara sambutan untuk EV seperti tetangganya, Tiongkok, tempat Tesla membangun pabrik pertamanya di luar Amerika Serikat (AS) di mana saat ini mendominasi penjualan EV premium.

Pos terkait

BACA JUGA