Tiongkok Aplikasikan Swab Anal Deteksi Covid-19, Diklaim Lebih Akurat dan Cepat

Ilustrasi swab (Dok. Istimewa)
Ilustrasi swab (Dok. Istimewa)

123berita.com – Tenaga medis di Beijing baru-baru ini mengaplikasikan teknik baru tes virus corona (Covid-19), yakni lewat metode swab anal. Mereka meyakini tes ini lebih akurat dan meningkatkan kemungkinan mendeteksi virus.

Adapun untuk mendapatkan sampel uji, alat swab dimasukkan sekira tiga hingga lima sentimeter ke dalam rektum dan diputar beberapa kali. Setelah menyelesaikan gerakan dua kali, kain swab atau penyeka dilepas sebelum ditempatkan dalam wadah sampel. Keseluruhan prosedur memakan waktu sekira sepuluh detik.

Bacaan Lainnya

Ibukota Tiongkok mulai menggunakan metode pendeteksian derriere lebih sering selama pengujian massal, menyusul seorang anak lelaki berusia sembilan tahun dinyatakan positif terpapar virus pekan lalu. Sejak 17 Januari, lebih dari 3 juta penduduk di tiga distrik Beijing telah menerima pengujian virus corona dalam upaya membendung penularan.

Media pemerintah melaporkan, lebih dari 1.000 staf dan siswa di sekolah bocah lelaki yang terinfeksi juga menjalani berbagai tes asam nukleat, termasuk swab anal.

Swab anal telah digunakan di Tiongkok untuk menguji virus corona sejak tahun lalu. Namun, menurut seorang ahli pengendalian penyakit di negara itu, metode ini lebih banyak digunakan dalam kelompok-kelompok utama di pusat karantina karena ketidaknyamanan prosedurnya.

Pos terkait

BACA JUGA