Tiongkok Daratkan Robot Penjelajah Zhurong di Mars

123berita.com – Tiongkok telah berhasil mendaratkan pesawat luar angkasa di Mars. Kabar ini diungkapkan pemerintah setempat, Sabtu (15/05/2021) pagi.

Robot Zhurong beroda enam itu menargetkan Utopia Planitia, medan yang luas di belahan bumi Utara Mars. Kendaraan tersebut menggunakan kombinasi kapsul pelindung, parasut, dan platform roket untuk turun.

Bacaan Lainnya

Pendaratan ini merupakan sebuah pencapaian luar biasa, mengingat sifatnya yang tidak mudah. Hanya Amerika yang benar-benar menguasai pendaratan di Mars sampai sekarang. Dengan pendaratan ini, Tiongkok menjadi negara kedua yang menempatkan penjelajah di Mars.

Presiden Tiongkok Xi Jinping mengucapkan selamat atas pencapaian luar biasa timnya dalam sebuah pesan khusus.

“Anda cukup berani untuk tantangan, mengejar keunggulan, dan menempatkan negara kami di jajaran lanjutan eksplorasi planet,” katanya, dikutip dari BBC.

Pesawat luar angkasa Tiongkok secara resmi mendarat pada Sabtu pukul 07:18, waktu Beijing (Jumat 23:18 GMT). Butuh 17 menit untuk membuka panel surya dan mengirim sinyal kembali ke bumi.

Zhurong yang berarti Dewa Api didaratkan ke Mars dengan pengorbit Tianwen-1 yang tiba di permukaan planet tersebut pada Februari. Eksplorasi dilakukan untuk mengamati Utopia, mengambil gambar resolusi tinggi untuk menunjukkan tempat teraman untuk diletakkan.

Tujuannya, Robot Zhurong harus didaratkan di tempat yang sebisa mungkin tidak ada kawah besar dan batu-batu besar.

Jarak Mars ke Bumi sekira 320 juta km yang berarti sinyal radio membutuhkan waktu setidaknya 18 menit sebelum diterima. Oleh karena itu, setiap tahap pendaratan Zhurong harus dijalankan secara otomatis. (and)

Pos terkait

BACA JUGA