Tonton Gerhana Matahari Cincin Hari Ini Mulai Pukul 16.00 WIB, Ini Linknya!

Gerhana matahari cincin (Foto: iStock)
Gerhana matahari cincin (Foto: iStock)

123berita.com – Masyarakat di belahan bumi Utara, pada hari ini, Kamis (10/06/ 2021) bisa menyaksikan gerhana matahari cincin atau sebagian.

Gerhana matahari terjadi ketika posisi Bulan berada di antara Matahari dan Bumi. Kondisi ini menimbulkan bayangan di Bumi, sepenuhnya atau sebagian menghalangi cahaya Matahari di beberapa daerah.

Bacaan Lainnya

Selama gerhana cincin, Bulan cukup jauh dari Bumi sehingga Bulan tampak lebih kecil dari Matahari di langit. Karena Bulan tidak menghalangi seluruh pandangan Matahari, ia akan terlihat seperti piringan gelap di atas piringan terang yang lebih besar. Ini menciptakan apa yang tampak seperti cincin api di sekitar Bulan.

Melansir laman resmi NASA, nasa.gov, gerhana matahari cincin bisa disaksikan di beberapa wilayah Kanada, Greenland, dan Rusia Utara. Sementara di beberapa tempat lainnya, warga tidak akan bisa melihat cincin ini di sekitar Bulan.

Mereka malah akan mengalami gerhana matahari sebagian. Ini terjadi ketika posisi Matahari, Bulan, dan Bumi tidak sejajar. Matahari akan tampak memiliki bayangan gelap hanya di sebagian permukaannya.

Penduduk di bagian Timur Amerika Serikat dan Alaska Utara akan melihat gerhana matahari parsial pada 10 Juni. Kondisi serupa juga akan dialami sebagian besar penduduk Kanada dan sebagian Karibia, Eropa, Asia, dan Afrika Utara.

Di Amerika Serikat, gerhana sebagian akan terlihat di sepanjang bagian Tenggara, Timur Laut, Barat Tengah, dan di Alaska Utara. Di beberapa lokasi ini, gerhana akan terjadi sebelum, selama, dan segera setelah matahari terbit. Ini artinya siapa saja yang ingin menyaksikan gerhana matahari harus mendapatkan pandangan cakrawala yang jelas saat matahari terbit.

Pos terkait

BACA JUGA