Tonton Gerhana Matahari Cincin Hari Ini Mulai Pukul 16.00 WIB, Ini Linknya!

Gerhana matahari cincin (Foto: iStock)
Gerhana matahari cincin (Foto: iStock)

Bagaimana dengan Indonesia?

Fenomena gerhana matahari akan berlangsung hari ini sekira pukul 16.00 WIB. Sayang, masyarakat yang ada di wilayah Indonesia tak bisa menyaksikannya langsung. Kendati negara kita tak ikut mengalami gerhana, detik-detik gerhana matahari cincin bisa disaksikan secara langsung melalui sejumlah link berikut.

Bacaan Lainnya

Jika cuaca memungkinkan, fenomena gerhana matahari sebagian akan disiarkan di YouTube dan di nasa.gov/live. Siaran streaming ini dimulai pukul 5 pagi EDT atau pukul 16.00 WIB. Gerhana akan hampir mencapai maksimum (~90 persen cakupan) saat matahari terbit, sehingga masyarakat bisa menyaksikan Matahari muncul kembali saat posisi Bulan telah bergeser.

Cara Aman Menonton Gerhana Anular atau Parsial

Tidak pernah aman untuk melihat langsung gerhana Matahari, bahkan jika gerhana Matahari sebagian atau total sekali pun. Saat menyaksikan gerhana matahari sebagian atau gerhana matahari cincin, kamu harus memakai kacamata pengamat matahari atau gerhana sepanjang berlangsungnya gerhana. Kacamata untuk melihat matahari atau gerhana bukanlah kacamata hitam biasa. Perlu diketahui, kacamata hitam biasa tidak aman untuk melihat langsung matahari.

Jika tidak punya kacamata untuk melihat matahari atau gerhana, kamu bisa menggunakan metode alternatif, seperti proyektor lubang jarum. Proyektor lubang jarum tidak boleh digunakan untuk melihat langsung ke Matahari, namun untuk memproyeksikan sinar matahari ke permukaan. (and)

Pos terkait

BACA JUGA