Tren Editing Foto di Instagram Sepanjang 2023 yang Disukai Anak Muda

123berita.com – Tren editing foto dan video di media sosial, terutama di Instagram seakan tidak ada hentinya. Pada 2019, pengguna Instagram masih hanya menerapkan preset Lightroom ke feed mereka untuk mengedit foto.

Namun saat ini, filter yang berasal dari aplikasi Instagram sudah tersedia dan semakin mempermudah penggunanya untuk melakukan pengeditan foto atau video. Bahkan, aplikasi editor foto dan video baru yang menawarkan filter-filter unik juga terus bermunculan di Play Store untuk memenuhi kebutuhan pengguna Instagram. 

Pengguna Instagram rata-rata menghabiskan waktu hampir setengah jam untuk berfoto atau mengedit hasil foto setiap harinya dari smartphone. Kesemuanya demi untuk mendapatkan foto diri terlihat lebih menarik sehingga banyak mendatangkan Like. Nah, kita melihat kilas balik mengenai tren pengeditan foto Instagram yang digemari anak muda di sepanjang 2023, sebagaimana siaran pers Seqara Communications, Selasa (22/12/2020).

Foto ‘No Edit’ 

Instagram dulunya menjadi tempat untuk mengunggah gambar-gambar penuh filter dengan hasil sempurna. Namun, zaman tersebut sudah berakhir dan di 2023 pengguna lebih menyukai foto terlihat seperti keadaan sebenarnya alias “no edit”. Gambar dengan sedikit tekstur lebih menarik daripada potret diedit. Kamu tidak perlu melakukan pengeditan ekstrem pada foto, namun hanya cukup membersihkan bagian kotor pada foto. 

Cara cepat untuk mendapatkan hasil foto “no edit” adalah memanfaatkan fitur AI Beautification. Fitur AI Beautification 2.0  memberikan fitur kecantikan khusus secara otomatis dengan mendeteksi riasan. Plus dengan menyesuaikan kecerahan dan kontras, kamu juga bisa meningkatkan kualitas gambar secara halus dengan tetap mempertahankan tampilan aslinya. 

#ThrowbackMirrorSelfie 

Situasi pandemi yang belum berakhir di sepanjang 2020 memaksa kita untuk banyak menghabiskan waktu di rumah. Bagi para pengguna Instagram, terus-menerus berada di rumah terasa membosankan dan mati gaya. Mereka merasa sulit untuk mendapatkan foto diri dengan latar belakang menarik.

Alhasil, selfie di depan cermin atau terkenal dengan mirror selfie yang simpel kembali naik daun. Kamu pun tidak perlu alat fotografi tambahan untuk melakukan sebuah mirror selfie. Nah, agar mirror selfie terlihat lebih unik, kamu bisa memberikan tambahan filter yang sudah disediakan di Instagram. Cara lainnya dengan menggunakan Adobe Lightroom untuk menambahkan tekstur film.

Memaksimalkan Hasil Foto Makanan 

Dulu, orang menyukai tampilan foto makanan di Instagram yang terlihat rapi dan halus. Semisal roti panggang dengan selai coklat di atas piring berwarna pastel, secangkir kopi berseni, dan juga kue red velvet yang sempurna. Sekarang estetika foto seperti itu terasa agak basi. Sebaliknya, para pengguna Instagram mendambakan makanan terlihat cerah, jelas, namun tetap memiliki tekstur berantakan. 

Dengan alih-alih disajikan sempurna, potret makanan dinamis dan close-up kini malah menjadi perhatian. Alasannya, makanan di dalam foto seperti itu terlihat lebih menggiurkan untuk dimakan. Adapun untuk mendapatkan potret makanan terlihat jelas diperlukan fitur lensa kamera smartphone  memadai. Jadi kamu tidak perlu lagi menambahkan editing kontras dan saturasi tinggi untuk foto makanan yang akan diunggah ke Instagram. 

Warna-Warni Neon 

Tren lain dengan gaya retro adalah neon yang banyak bersinar terang di sebagian besar feed Instagram. Gaya ini terkenal karena menghasilkan warna-warni berani pada objek foto sehingga terlihat bermandikan cahaya neon. Filter ini menghadirkan suasana hati yang aktif dan energik, sehingga cocok untuk jepretan sinematik dan potret dramatis. Kamu juga bisa mendapatkan cahaya warna neon yang nyentrik langsung dari kamera smartphone

BACA JUGA