Tuai Kontroversi Rohingya, Partai Aung San Suu Kyi Menangi Pemilu Myanmar

123berita.com – Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) yang berkuasa di Myanmar telah mengamankan cukup kursi di parlemen untuk membentuk pemerintahan berikutnya, menurut hasil pemilu terkini.

Melansir BBC, Jumat (13/11/2020), NLD sejauh ini telah memenangkan 346 kursi, lebih dari 322 kursi yang dibutuhkan untuk membentuk pemerintahan berikutnya. Hasil pemilihan umum (Pemilu) ini keluar beberapa hari setelah partai pimpinan Aung San Suu Kyi mengklaim kemenangan berdasarkan hasil penghitungan awal. Namun, pihak oposisi yang didukung militer menuntut dilakukan pemilihan ulang.

Menjelang dilakukannya pengumuman hari ini, sejumlah pemimpin dari berbagai negara, seperti India, Jepang, dan Singapura telah memberi selamat kepada NLD atas kemenangan mereka.

Juru bicara NLD, Monywa Aung Shin, mengatakan kemenangan telak ini menunjukkan dukungan rakyat kepada partai NLD. Partai ini pun mengumumkan akan mengundang partai-partai etnis minoritas untuk bisa bekerja sama.

Pemilu di Myanmar dipandang sebagai suatu ukuran dukungan untuk NLD dan Suu Kyi setelah krisis Rohingya. Berkaca dari hasil pemilu, menunjukkan NLD tetap populer di dalam negeri, meski menuai banyak kritik di seluruh dunia terkait respons Suu Kyi menanggapi krisis kemanusiaan di negaranya.

Ratusan ribu Muslim Rohingya melarikan diri akibat aksi kekerasan militer Myanmar yang digambarkan PBB sebagai pembersihan etnis pada 2017. Militer Myanmar mengatakan mereka menargetkan para milisi, sebuah tanggapan yang dibela Suu Kyi.

Sementara itu, pencabutan hak warga Rohingya telah membuat pengamat mempertanyakan kredibilitas pemilu di Myanmar.

author
Journalist & Content Writer