[Update Gempa Turki dan Yunani]: 22 Orang Meninggal di antaranya Sepasang Remaja, 800 Luka

Tim penyelamat mencari korban selamat di antara puing-puing bangunan runtuh setelah gempa bumi dahsyat melanda pantai Barat Turki dan sebagian Yunani (Foto: Ozan Kose/AFP)
Tim penyelamat mencari korban selamat di antara puing-puing bangunan runtuh setelah gempa bumi dahsyat melanda pantai Barat Turki dan sebagian Yunani (Foto: Ozan Kose/AFP)

123berita.com – Gempa dahsyat mengguncang wilayah Turki dan Yunani pada Jumat (30/10/2020). Akibat kejadian itu, Badan Penanganan Bencana Turki melaporkan 20 warga meninggal dunia dan sekira 800 lainnya luka-luka. Sementara di Yunani, dua remaja meninggal saat dalam perjalanan pulang di Samos.

Melansir Aljazeera, tim penyelamat terus melakukan penggalian di antara puing-puing bangunan dengan tangan kosong pada Sabtu (31/10/2020) pagi. Mereka berupaya melakukan pencarian korban selamat dari gempa bumi dahsyat yang meratakan bangunan di sejumlah wilayah Yunani dan Turki.

Bacaan Lainnya

Sebagian besar kerusakan di Turki terjadi di dalam dan sekitar kota resor Aegean, Izmir berpenduduk 3 juta orang. Kota ini juga dipenuhi dengan blok apartemen bertingkat tinggi. Sejauh ini belum diketahui pasti berapa banyak orang terjebak di bawah reruntuhan.

Gempa juga menyebabkan tsunami kecil di Pulau Aegean Samos dan gelombang laut mengubah jalan-jalan menjadi sungai beraliran deras di sebuah kota di pantai Barat Turki.

Pejabat Turki mengkonfirmasi 20 orang meninggal dan sekira 800 warga luka-luka pascagempa melanda provinsi pesisir Izmir. Sementara di Yunani, dua remaja laki-laki dan perempuan meninggal dunia tertimpa bangunan runtuh di Pulau Samos.

Usai gempa berkekuatan 7,0, warga memenuhi jalan-jalan di Kota Izmir Turki. Puing-puing bangunan bertingkat terlihat di pusat kota, sementara asap membubung tinggi ke langit di beberapa area.

Pos terkait

BACA JUGA