Vaksin AstraZeneca Mulai Digunakan, Begini Kata Ketua MUI Jatim

Vaksin AstraZeneca (Foto: ndtv.com)
Vaksin AstraZeneca (Foto: ndtv.com)

SIDOARJO, 123berita.com – Program vaksinasi nasional terus berlanjut di banyak wilayah di Indonesia. Terkait program pemerintah ini, vaksin Covid-19 produksi AstraZeneca mulai digunakan, selain vaksin Sinovac yang telah didistribusikan sebelumnya. Suntikan perdana dilakukan salah satunya kepada Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur (MUI Jatim) KH Hasan Mutawakkil, Senin (22/03/2021).

”Saya divaksin AstraZeneca. Ayo seluruh umat Islam jangan ragu-ragu. Vaksinasi hukumnya wajib,” kata KH Hasan Mutawakkil, dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan RI, kemkes.go.id.

Bacaan Lainnya

Penyuntikan perdana dilakukan di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Dalam kunjungannya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ingin memastikan antusiasme masyarakat dalam mengikuti program vaksinasi. Termasuk kesiapan pemerintah kabupaten, rumah sakit, maupun Puskesmas yang ada sehingga ke depan vaksinasi nasional di semua wilayah berjalan baik dan lancar.

Jokowi mengatakan sebelumnya, dirinya sudah bertemu dengan MUI Jawa Timur dan para kiai setempat mengenai vaksin AstraZeneca.

”Jawa Timur siap diberi vaksin AstraZeneca dan segera akan digunakan di pondok pesantren-pondok pesantren yang ada di Jawa Timur. Itu patut kita apresiasi,” katanya.

KH Hasan Mutawakkil mengungkapkan, presiden telah bertemu dengan kiai sepuh. Ia mendengarkan pendapat dan respons dari para pemuka agama dan pengasuh pondok pesantren terkait vaksinasi.

”Memang seharusnya (vaksin AstraZeneca) dimanfaatkan program vaksinasi pemerintah karena tujuannya tidak lain untuk menjaga jiwa dan keselamatan rakyat. Tidak ada pemerintah yang akan mencelakakan rakyatnya sendiri,” ucapnya.

Pos terkait

BACA JUGA