Vaksinasi Covid-19 Dimulai Rabu Lusa, Jokowi Jadi Penerima Pertama

Ilustrasi (Foto: AFP)
Ilustrasi (Foto: AFP)

JAKARTA, 123berita.com – Pemerintah merencanakan program vaksinasi Covid-19 akan dimulai pada Rabu (13/01/2021) lusa. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sebagai penerima vaksin pertama.

Insyaa Allah, bapak-ibu kita akan mulai di hari Rabu dan akan dimulai oleh Bapak Presiden,” kata Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Senin (11/01/2021) di Kantor Presiden, Jakarta.

Bacaan Lainnya

Namun demikian, pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan setelah adanya persetujuan penggunaan darurat (emergency use authorization/EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Berita baik dari MUI (mengenai kehalalan vaksin Sinovac) juga sudah keluar. Insyaa Allah berita baik dari BPOM juga bisa segera menyusul,” ucap Menkes, dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id.

Pemerintah tidak akan mendahului persetujuan dari BPOM. Pasalnya, institusi ini adalah badan independen yang secara saintifik berhak untuk menentukan apakah vaksin layak digunakan atau tidak.

“Jadi sama sekali kita tidak akan melakukan vaksinasi sebelum memang approval (persetujuan-red) dari BPOM itu keluar,” tegas Budi Gunadi Sadikin.

Sementara itu, Kepala BPOM, Penny Lukito melalui keterangan persnya, Senin (11/01/2021) sore, menyampaikan pihaknya menyetujui penggunaan dalam kondisi darurat untuk vaksin Covid-19 CoronoVac produksi Sinovac.

Pos terkait

BACA JUGA