Vaksinasi Dimulai Pekan Depan, Jokowi Pesan 329,5 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Ilustrasi vaksin (Dok. Istimewa)
Ilustrasi vaksin (Dok. Istimewa)

JAKARTA, 123berita.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan terkait pelaksanaan program vaksinasi pada masyarakat, Indonesia telah melakukan pemesanan atau firm order 329,5 juta dosis vaksin Covid-19.

Hal itu diungkapkannya dalam rapat terbatas mengenai Penanganan Pandemi COVID-19 dan Rencana Pelaksanaan Vaksinasi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (06/11/2021). Rapat ini juga diikuti secara virtual para gubernur di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Secara rinci, vaksin dipesan tersebut adalah 3 juta dosis yang sudah tiba di Tanah Air ditambah 122,5 juta dosis lagi dari Sinovac, kemudian dari Novavax sebanyak 50 juta dosis, COVAX/Gavi sejumlah 54 juta dosis, AstraZeneca 50 juta dosis, dan Pfizer sejumlah 50 juta dosis vaksin.

“Artinya, jumlah totalnya yang sudah firm order itu 329,5 juta, hanya pengaturannya nanti akan dilakukan oleh menteri kesehatan,” kata presiden, dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id.

Lebih lanjut diungkapkan Kepala Negara, pemerintah akan memulai program vaksinasi pekan depan. Terkait itu telah dilakukan distribusi vaksin ke daerah-daerah sejak beberapa hari lalu.

“Itu baru tahapan pertama. Target kita nantinya untuk Bulan Januari itu 5,8 juta vaksin harus masuk ke daerah. Bulan Februari itu 10,45 juta vaksin harus didistribusikan lagi ke daerah. Kemudian Bulan Maret 13,3 juta vaksin juga harus terdistribusi dan bisa dilaksanakan vaksinasinya oleh daerah-daerah,” papar Jokowi.

Pos terkait

BACA JUGA