Viral Mbah Minto Klaten! Awalnya Dibayar Rp20 Ribu hingga Dapat THR Ganjar Pranowo

KLATEN, 123berita.com – Sosok Mbah Minto belakangan viral di dunia maya. Akting nenek asal Bayat, Klaten dalam vlog Ucup sukses menghibur netizen hingga videonya disebar ke berbagai platform media sosial, termasuk aplikasi penyampai pesan WhatsApp.

Mbah Minto kali pertama muncul di video parodi gagal mudik yang diperankannya. Ada dua seri video yang beredar di media sosial. Awalnya, video viral itu diunggah di saluran YouTube milik Ucup.

Bacaan Lainnya

Video parodi ini berisi pesan tentang anjuran tidak mudik di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Mbah Minto sendiri dalam aktingnya tampak ngobrol dengan sang anak lewat sambungan telepon.

Si embah yang giginya sudah tidak lengkap itu meminta anaknya di perantauan agar tidak mudik dulu, meski sejatinya sang anak sudah ngebet ingin pulang kampung. Mbah Minto mengingatkannya agar mematuhi anjuran Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk tidak mudik dulu selama pandemi Covid-19 lantaran dikhawatirkan bisa membawa virus.

Lucunya, meski melarang mudik, namun Mbah Minto tetap menunggu kiriman uang anaknya. Bahkan, di video seri berikutnya tampak wanita usia senja itu sampai masuk angin dan harus minum obat lantaran menunggu kiriman uang yang tak kunjung datang.

Awakku ki loro ora mergo kowe ora mulih. Nunggu duitmu le.. sido mulih opo ora (Badanku sakit bukan karena kamu tidak pulang, tapi nunggu uangmu Nak.. jadi dikirim apa tidak-red),” ucap Mbah Minto dalam percakapan telepon dengan anaknya.

Sejak videonya viral, nama Mbah Minto pun kian eksis. Videonya bahkan sampai ke Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Penasaran dengan sosok nenek 70 tahun itu, Gubernur Jawa Tengah pun sempat menghubungi Mbah Minto melalui live Instagram. Ganjar Pranowo melakukan live Instagram bersama YouTuber asal Klaten, Ucup pada Jumat (01/05/2020).

Saat berbincang dengan gubernur berambut putih itu, Mbah Minto ditemani Ucup. Obrolan ketiganya berlangsung santai dan penuh keakraban. Ganjar sempat bertanya, “Mbah Minto, teh sing jenengan paling seneng teh apa?” tanyanya.

“THR,” jawab Mbah Minto lugas seperti dalam salah satu video viralnya.

Mengke tak kirim THR lewat Mas Ucup bengi iki (Nanti saya kirimi THR lewat Mas Ucup malam ini-red). Mas Ucup nanti minta rekeningnya malam ini tak kirimi THR. Tak kirimi sak juta (satu juta),” kata Ganjar menyambut keinginan Mbah Minto.

“Syukur, alhamdulillah dikirim Pak Ganjar. Paringi sehat terus nggih Pak, (Semoga diberi kesehatan terus ya Pak-red),” sahut Mbah Minto senang.

Mbah Minto memang sudah beberapa kali diajak membuat vlog Ucup. YouTuber pemilik nama asli Muhammad Sofyan itu ternyata masih tinggal satu kampung dengan Mbah Minto, hanya berlainan RT.

Dalam pembuatan video, Ucup awalnya memberi upah Rp20 ribu kepada warga Desa Selorejo RT 005 RW 017, Krakitan, Bayat, Klaten itu untuk setiap konten yang dibuat. Setelah videonya viral, Ucup pun memberi Mbah Minto bayaran lebih, yakni Rp200 ribu hingga Rp300 ribu untuk setiap konten video yang dibuat.

Pos terkait