Waduh, Jumlah KIPI Vaksinasi Capai 12 Ribu Jiwa

Ilustrasi (Foto: BBC/Getty Images)
Ilustrasi (Foto: BBC/Getty Images)

123Berita.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin melaporkan bahwa terdapat 12.848 Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) di Indonesia.

Menkes menyatakan bahwa laporan paling banyak berasal dari Komda Daerah Istimewa Yogyakarta yang mencapai 2.300 laporan, kemudian DKI Jakarta sebanyak 2.200 laporan, dan Jawa Timur sebanyak 1.000 laporan.

Hal itu disampaikannya dalam rapat kerja dan RDP Komisi IX DPR RI bersama Kementerian Keuangan dan Satgas Covid-19 yang berlangsung di Gedung MPR/DPR RI, Jakarta, pada Senin (13/9/2021).

“Yang lainnya semuanya di bawah seratus, yang masih nol adalah Riau dan Jambi,” jelas Budi.

Budi menambahkan bahwa laporan dari Komda KIPI yang masuk ke Komda Nasional ada sebanyak 318 laporan karena reaksi yang bersifat serius, berasal dari provinsi DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Barat.

KIPI merupakan reaksi atau efek yang dialami oleh tubuh setelah melakukan vaksinasi.

Beberapa contoh KIPI yang umum ditemui adalah nyeri dan bengkak pada area yang disuntik, merasa kelelahan, mual atau muntah, pusing, hingga demam.

Jangan khawatir jika mengalami KIPI setelah vaksinasi, karena itu adalah hal yang wajar. Namun, jika kondisi tidak kunjung membaik, segera laporkan semua reaksi yang dialami pada petugas melalui nomor yang tertera di kartu vaksin atau fasilitas kesehatan terdekat.

BACA JUGA