Wow! Amazon Borong 11 Pesawat Boeing Demi Perluas Jaringan Udara

123berita.com – Amazon baru saja membeli armada pesawat pertamanya guna memperluas jaringan pengiriman via udara. Tak tanggung-tanggung, raksasa e-commerce ini memborong sebelas pesawat Boeing 767-300 sekaligus demi mendukung layanan belanja online yang kian berkembang.

Kalangan pakar berpendapat dengan membeli pesawat sendiri akan memungkinkan Amazon menjadi kompetitor kredibel di bidang logistik.

Bacaan Lainnya

“Sangatlah penting bahwa Amazon telah membeli pesawat, dibandingkan dengan leasing carrier. Hal itu akan menurunkan biaya seumur hidup secara keseluruhan, kendali yang lebih besar atas kecepatan, keandalan dan kualitas layanan, sekaligus mempercepat tujuannya untuk memperkuat brand sebagai pemain orisinal di dunia angkutan udara yang kompetitif,” kata reporter di Manajer Logistik, Michelle Mooney.

Di lain pihak, spesialis konsultan Amazon, Gonzalo de la Mata, menyatakan bos Amazon, Jeff Bezos yang disebut sebagai salah satu orang terkaya di dunia menggunakan logistik sebagai ‘senjata rahasia’.

“Di masa lalu, bisnis dirasa lebih murah dengan menangani logistik sendiri ketimbang menggunakan jasa pihak ketiga. Dan sejak 2015 telah membangun jaringan logistik end-to-end globalnya sendiri dengan van, truk, dan pesawat sendiri.

“Platform tersebut sekarang cenderung menjadi penyedia rantai pasokan yang lebih besar daripada FedEx atau UPS hanya dalam beberapa tahun, dengan potensi untuk diluncurkan sebagai operator independen di AS dan kemudian mungkin secara global.

“Mengingat data yang dimiliki dan catatannya telah terbukti memberikan layanan berpusat pada pelanggan dalam skala besar, Amazon akan menjadi pesaing sangat kredibel bagi perusahaan logistik yang ada.”

Pos terkait