Wow! Tiongkok dan Rusia Kolaborasi Bangun Stasiun Antariksa di Bulan

Bulan (Foto: BBC/PA Media)
Bulan (Foto: BBC/PA Media)

123berita.com – Pemerintah Tiongkok dan Rusia telah mengumumkan rencana untuk membangun stasiun luar angkasa di bulan.

Badan antariksa Rusia Roscosmos menyatakan telah menandatangani perjanjian dengan Administrasi Luar Angkasa Nasional Tiongkok untuk mengembangkan fasilitas penelitian di permukaan bulan, di orbit atau keduanya. Badan antariksa kedua negara juga mengatakan fasilitas itu nantinya juga bisa digunakan negara lain.

Bacaan Lainnya

Penandatanganan perjanjian kerja sama ini bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-60 penerbangan luar angkasa berawak pertama Rusia. Stasiun Bulan Ilmiah Internasional akan melakukan berbagai penelitian ilmiah termasuk eksplorasi dan pemanfaatan bulan.

“Tiongkok dan Rusia akan menggunakan pengalaman mereka yang terakumulasi dalam ilmu ruang angkasa, penelitian dan pengembangan serta penggunaan peralatan luar angkasa dan teknologi luar angkasa untuk bersama-sama mengembangkan peta jalan dalam rangka pembangunan stasiun penelitian ilmiah bulan internasional,” demikian pernyataan dari kedua lembaga itu, dikutip dari BBC, Rabu (10/03/2021).

Disebutkan pula, Rusia dan Tiongkok akan bekerja sama dalam perencanaan, desain, pengembangan, dan pengoperasian stasiun penelitian.

Pos terkait

BACA JUGA