Yah, Google Foto Tak Gratis Lagi Mulai Besok

Google Foto mengakhiri kebijakan penyimpanan gratis mulai 1 Juni 2021 (Dok. Indian Express/File)
Google Foto mengakhiri kebijakan penyimpanan gratis mulai 1 Juni 2021 (Dok. Indian Express/File)

123berita.com – Google Foto memperbarui kebijakan penyimpanannya mulai 1 Juni. Platform tersebut saat ini memungkinkan penyimpanan gratis tanpa batas untuk foto dengan resolusi kualitas tinggi.

Sayang, layanan itu tak akan bisa kamu nikmati lagi mulai besok. Semua foto dan video baru yang diunggah ke Google Foto mulai 1 Juni 2021 bakal memotong jatah penyimpanan gratis sebesar 15 GB. Jika telah menghabiskan penyimpanan gratis 15 GB di Gmail, Drive, dan Foto, kamu harus membeli penyimpanan tambahan untuk terus mengunggah foto dalam resolusi tinggi.

Bacaan Lainnya

Lantas, apa yang terjadi dengan foto dan video yang sudah diunggah dalam kualitas tinggi?

Foto dan video yang telah diunggah dalam kualitas tinggi sebelum 1 Juni 2021 tidak akan menggunakan penyimpanan gratis 15 GB kamu.

Ini akan dianggap gratis dan dibebaskan dari batas penyimpanan yang ditetapkan Google. Jika ingin memeriksa ulang kualitas cadangan saat ini, kamu bisa melakukannya dengan mengunjungi opsi pencadangan & sinkronisasi di Pengaturan.

Google Foto: Penyimpanan Tambahan

Jika penyimpanan gratis 15 GB telah habis, kamu bisa membeli penyimpanan tambahan untuk terus mencadangkan konten. Di India, pengguna bisa memilih dari paket bulanan dan tahunan. Google menawarkan ruang penyimpanan 100 GB dengan harga Rs 130 per bulan. Jika kamu menginginkan lebih banyak ruang, Google juga memiliki paket yang akan menawarkan ruang penyimpanan 1TB seharga Rs 650 per bulan.

Pengguna yang ingin memilih paket tahunan bisa mendapatkan 100 GB per bulan selama satu tahun dengan harga Rs 1.300. Ada pula tawaran untuk mendapatkan 1TB per bulan selama setahun dengan Rs 6.500. Google telah mengatakan mereka akan memberi tahu pengguna di aplikasi dan melalui email setelah penyimpanan gratis 15 GB akan berakhir.

Mengelola penyimpanan Anda

Pengguna dapat melihat perkiraan yang dipersonalisasi di platform untuk berapa lama penyimpanan mereka akan bertahan. Perkiraan ini memperhitungkan berbagai faktor. Ini termasuk seberapa sering kamu mencadangkan foto, video, dan konten lainnya ke Akun Google.

Melansir Indian Express, Senin (31/05/2021), Google memiliki perangkat gratis baru yang akan membantu mengelola foto dan video yang dicadangkan dengan mudah. Opsi baru akan membantu kamu dalam meninjau konten mana yang ingin disimpan dan dihapus.

Google telah menyatakan pengguna smartphone Pixel tidak akan terpengaruh atas perubahan ini. Pengguna masih bisa meng-upload konten dalam kualitas tinggi dari perangkat mereka, bahkan setelah 1 Juni 2021 dan tidak perlu khawatir membeli penyimpanan tambahan. (and)

Pos terkait

BACA JUGA