9 Cara Menghemat Baterai Smartphone Tanpa Bantuan Aplikasi, 100% Work !

9 Cara Menghemat Baterai Smartphone Tanpa Bantuan Aplikasi, 100% Work !
9 Cara Menghemat Baterai Smartphone Tanpa Bantuan Aplikasi, 100% Work !

123Berita.com – Salah satu hal yang menyebalkan dari smartphone adalah konsumsi dayanya yang cukup tinggi. Sehingga Anda perlu mengecashnya secara rutin. Kebiasaan tersebut bukanlah tidak beresiko, pengecahan yang terlalu sering pada Handphone smartphone dapat mengakibatkan pada kerusakan baterai ataupun smartphone itu sendiri. kali ini 123berita akan membahas tentang Cara Menghemat Baterai Smartphone.

Jika Anda amati handphone kodok memiliki daya tahan baterai yang lebih tinggi. Walaupun handphone tersebut juga memiliki kapasitas baterai yang lebih rendah. Nah untuk itu mari simak ulasan berikut. Mengapa Handphone kodok lebih memiliki daya yang lebih lama dari smartphone dan bagaimana tips menghemat daya dari handphone smartphone anda.

Untuk penjelasan pertama, Mengapa smartphone lebih boros daya dari pada Handphone kodok. Alasanya adalah karena smartphone membutuhkan energi yang tinggi untuk menunjang performa dari Handphone itu sendiri. Bandingkan dengan Handphone kodok yang hanya memiliki fitur sms dan telepon. Tentu Handphone kodok juga hanya membutuhkan daya untuk menangkap dan memancarkan sinyal untuk sms atau telepon.

Baca Juga:

Tips Aman dan Jitu agar Baterai Smartphone Kamu Awet

Nah, bagaimana dengan penggunaan daya smartphone. Penggunaan daya smartphone cukup boros karena harus menangkap serta memancarkan siyal-sinyal tertentu eperti sinyal GPS, Wifi ataupun untuk penggunaan data. Selain itu smartphone juga memiliki layar yang lebih besar sehingga membuat Handphone ini mengonsumsi daya yang lebih besar.

Berikut 9 Tips Untuk Menghemat daya Smartphone Anda:  

Matikan Mode Getar (Vibrations)

Mode getar akan membuat kita lebih mudah mengetahui informasi terbaru di smartphone kita. Namun, dalam mode getar akan membutuhkan daya yang lebih tinggi dari pada penggunaan Ringtone. Oleh Cobalah untuk memberikan Ringtone yang mudah mengingatkan anda.

Mengurangi Brightness di Layarmu

Pengaturan brightnes yang tinggi akan membuat konsumsi daya smartphone anda juga menjadi lebih besar. Seperti ulasan diatas hal ini juga dikarenakan smartphone  sendiri memiliki layar yang cukup besar. Untuk itu Anda dapat menggunakan pengaturan adaptasi terhadap kondisi cahaya langsung dari smartphone Anda.

Persingkat Waktu Stand-By

Sama Halnya dengan Persoalan brightnes. Mempersingkat waktu stand By dapat menghemat Daya smartphone anda. Untuk itu cobalah untuk mengubah Waktu Stand By smartphone  Anda menjadi 15 detik saja.

Charge Baterai Secara Efisien

Ada dua jenis baterai yang dipakai di ponsel, baterai lithium dan baterai nickel. Baterai yang terbuat dari nickel lebih tahan lama daripada lithium. Jika Anda menggunakan baterai nickel, ponsel Anda harus di-charge hingga kapasitas maksimum (100%) saat daya baterai Anda tinggal sedikit. Namun jika ponsel Anda memakai baterai lithium, Anda harus charge sesering mungkin untuk mempertahankan kapasitas aslinya.

Matikan WiFi, Paket Data, dan Bluetooth Jika Tidak Digunakan

Matikan WiFi, Paket Data, dan Bluetooth Anda jika tidak sedang dalam penggunaan. Hal ini dapat mengurangi penggunaan Daya dari smartphone anda karena mengurangi menggunaan daya untuk menangkap ataupun memancarkan sinyal.

Tutup Aplikasi Jika Sudah Tidak Digunakan

Gunakanlah tap tombol multitasking, kemudian bisa swipe aplikasi yang tidak sedang Anda gunkan. Hal ini dilakukan karena walaupun anda sedang tidak menggunakannya secara langsung namun penggunaan daya untuk menjlankan aplikasi tersebut tetap berlangsung

Matikan GPS (Location Services)

GPS atau layanan lokasi adalah yang terbesar penggunaan baterainya di smartphone selain layar Anda. Anda bisa mematikan GPS di menu Setting smartphone Anda. Dengan begitu Anda akan menghemat pemakaian baterai. Nyalakan GPS saat Anda perlukan saja, misalnya saat menggunakan Maps untuk mencari suatu lokasi.

Buat Home Screen Anda Simpel Tanpa Banyak Widget

Aturlah agar Home Screen anda Simple dan tidak terkesan mowat-mawut. Hal ini penting karena juga dapat menghemat daya dari smartphone Anda. Hindari pula penggunaan Live Wallpaper.

Menjaga Smartphone Agar Tetap Dingin

Jauhkan smartphone Anda dari sinar matahari langsung dan simpan di tempat sejuk. Jangan terlalu sering dipakai bila tidak perlu agar Android System tidak perlu bekerja ekstra. Baik smartpphone ataupun baterai akan bekerja Optimal pada suhu yang tidaklah panas ataupun terlalu dingin. Nah itulah tips Yang dapat anda coba untuk menghebat konsumsi daya baterai Anda.  Semoga Bemanfaat Dan Selamat Mencoba.

Ya, itulah penjelasan tentang Cara Menghemat Baterai Smartphone, semoga bermanfaat.

BACA JUGA