Tips Aman dan Jitu agar Baterai Smartphone Kamu Awet

Ilustrasi (Dok. Istimewa)
Ilustrasi (Dok. Istimewa)

123berita.com Smartphone alias telepon seluler (Ponsel) cerdas masa kini kebanyakan tidak lagi menggunakan baterai terpisah atau bisa dilepas-pasang. Karena baterainya telah terpasang di dalam bodi ponsel, kebanyakan konsumen cenderung mencari smartphone dengan baterai berkapasitas besar.

Apalagi kini adanya teknologi fast charging atau pengisian daya cepat membuat pengguna semakin lekat dengan gawainya. Namun karena tidak adanya baterai yang dapat diganti, pada akhirnya sel lithium-ion yang ada di ponsel lama-kelamaan akan menua dan memburuk.

Kapasitas baterai pasti menurun seiring bertambahnya usia pemakaian ponsel. Namun, ada beberapa hal dapat kamu lakukan untuk memperpanjang umur baterai dan handset. Seqara Communications dalam siaran persnya, Senin (22/03/2021), memberikan beberapa kiat yang terbukti secara ilmiah mampu memaksimalkan masa pakai baterai ponsel.

Salah satu mitos baterai sangat kuat adalah kamu perlu sekali-sekali mengosongkan dan mengisi ulang untuk menghapus memori baterai. Hal ini sebenarnya salah kaprah jika diterapkan pada baterai berjenis lithium-ion.

Baca Juga:

9 Cara Menghemat Baterai Smartphone Tanpa Bantuan Aplikasi, 100% Work !

Pengisian daya sebagian saat kapasitas baterai lithium-ion tinggal sepertiga sebenarnya memiliki beberapa manfaat positif untuk umur panjang sel. Saat hampir kosong, baterai Li-ion menarik arus konstan dan beroperasi pada tegangan lebih rendah. Tegangan ini berangsur-angsur meningkat saat sel mengisi, mendatar sekira 70 persen muatan sebelum arus mulai turun hingga kapasitas penuh.

Berdasar riset Battery University, mengisi daya ponsel dalam kisaran 30 hingga 80 persen itu membuat voltase lebih rendah dan memperpanjang masa pakai baterai. Isi ulang daya meski hanya sedikit, tapi teratur, jauh lebih baik untuk baterai Li-ion daripada siklus pengisian penuh yang lama. Apalagi kini rata-rata smartphone modern memiliki teknologi baterai hemat daya.

BACA JUGA