Ingin Percantik Rumah? Ini Tips Menata Teras Rumah Minimalis Sederhana Beserta Modelnya!

Tips menata teras rumah minimalis. Foto: Pinterest

123berita.com – Rumah merupakan tempat istirahat yang ideal setelah beraktifitas sehari penuh. Biasanya rumah dibuat senyaman dan seindah mungkin agar penghuninya lebih betah menempatinya.

Salah satu komponen yang cukup penting dalam sebuah rumah adalah teras. Penting bagi kita untuk memperhatikan posisi teras rumah, terlebih bagi rumah yang memiliki lahan sempit dan terbatas.

Bacaan Lainnya

Berbeda dengan bagian rumah lainnya, teras rumah menjadi bagian yang memiliki hubungan langsung dengan alam terbuka. Selain kesan nyaman, memaksimalkan fungsi teras rumah bisa kamu lakukan dengan mendesain teras rumah yang indah dan sejuk.

Dilansir kreasirumah.net, teras yang berada di depan rumah menjadi bagian paling awal orang melihat ketika berkunjung ke rumah kita. Dengan demikian, memiliki teras rumah yang indah dan rapi sangatlah penting untuk memberikan kesan baik ketika orang lain berkunjung.

Tak kalah penting, teras di belakang rumah juga patut kita pikirkan keindahannya. Pasalnya teras yang berada di belakang rumah umumnya digunakan untuk bersantai ataupun menjamu tamu. Teras belakang yang nyaman membuat kita bahkan orang lain menjadi betah berada di rumah kita.

Lahan yang sempit tidak menghalangi siapapun untuk membangun teras di rumah. Di perkotaan, tak jarang orang-orang membangun teras dengan desain yang minimalis mengingat lahan yang tersedia sangatlah terbatas. Teras yang tidak begitu luas kerap disebut sebagai teras rumah minimalis.

Teras rumah minimalis dapat dimaksimalkan apabila kita dapat mengaturnya dengan rapi dan dilengkapi dengan perabot yang mendukung. Tamanan hias juga patut untuk ditambahkan untuk membuat kesan teras rumah terlihat lebih sejuk.

Meski terdengar sederhana, namun menata teras rumah minimalis agar tetap terlihat indah dan rapi bukanlah hal yang mudah. Dengan lahan yang terbatas, pemilik rumah harus mampu mengatur posisi aksesoris dan perabot dengan baik agar teras tidak terlihat penuh dan tetap nyaman.

Lalu apa sajakah yang harus diperhatikan untuk mengatur teras rumah minimalis? Berikut tips untuk kamu yang kesulitan mengatur teras rumah minimalis.

Perhatikan Luas Teras yang Kamu Miliki

Ingin Percantik Rumah? Ini Tips Menata Teras Rumah Minimalis Sederhana Beserta Modelnya!

Luas teras yang kamu miliki mempengaruhi perabot dan akseesoris yang akan diletakkan didalamnya. Teras rumah minimalis umumnya memiliki ukuran tidak lebih dari dua meter persegi.

Pemilihan Material Alas Teras

Material Teras Rumah Minimalis

Alas teras rumah sebaiknya menggunnakan material yang bertekstur. Hal ini bertujuan agar lantai tidak licin ketika terkena percikan air hujan, mengingat teras rumah umumnya berada di luar rumah.

Pemilihan Furnitur

Bagi rumah yang memiliki teras yang minimalis baiknya tidak menggunakan furnitur berukuran besar. Furnitur berukuran besar akan membuat teras terkesan lebih penuh. Sebaliknya, furnitur kecil akan membuat kesan teras terlihat lebih luas.

Kamu dapat menambahkan kursi kayu maupun rotan untuk beberapa orang. Furnitur berbahan rotan dan kayu dapat bertahan lebih lama dari material lain. Kamu juga bisa menambahkan meja kecil yang muat untuk meletakkan makanan ringan dan air minum.

Pemilihan dan Penataan Tanaman Hias

Tanaman hias merupakan aksesoris penting yang patut diletakkan di teras rumah. Pemilihan tanaman hias juga harus dipertimbangkan dengan luas teras yang kamu miliki. Tanaman hias yang berlebihan dan tidak sesuai akan membuat teras rumah kamu nampak tertutup dan kurang rapi.

Kamu juga bisa menyediakan spot khusus agar teras kamu terlihat terorganisir dengan baik. Jangan lupa, ukuran tanaman juga harus dipertimbangkan, ya!

Dekorasi Teras

Tak hanya furnitur dan tanaman hias, kamu bisa menambahkan dekorassi yang digantung di dinding maupun langit-langit teras. Meskipun demikian, jangan sampai kamu terlalu bernafsu dalam menambahkan dekorasi. Tambahan dekorasi yang berlebihan justru membuat teras kamu tampak kurang enak dilihat.

Kamu bisa sesuaikan dekorasi dengan tema teras minimalis kamu agar terlihat indah dan tetap nyaman.

Model Teras Rumah Minimalis Sederhana

Model Teras Rumah Minimalis

Keberadaan sebuah rumah tentu tak bisa lepas dari bagian muka bangunan atau biasa disebut teras. Bagian ini dirasa sangat penting sehingga sang pemilik rumah sering kali mempercantiknya demi membuat hunian terasa nyaman dan terlihat indah.

Bicara mengenai model teras rumah, ada banyak ragamnya dan bisa ditentukan dengan berbagai cara. Selain dari bentuknya, model teras juga dapat ditentukan berdasarkan material maupun konsep rumah itu sendiri.

Jika Anda menginginkan jenis rumah minimalis, tentunya model teras minimalis sederhana sangat pas untuk dipilih. Teras jenis ini cocok diaplikasikan pada rumah berukuran kecil sebab lantainya tidak begitu luas.

Desainnya dibuat selebar kursi santai saja, tanpa ditambah elemen pendukung seperti tiang ataupun dinding. Keberadaan kedua elemen ini hanya akan membuat rumah terlihat semakin sempit.

Model Teras Rumah Minimalis Sederhana

Sementara untuk mempercantik teras minimalis sederhana, Anda bisa menambahkan rerumpuran atau taman vertikal sehingga memberikan kesan asri.

Model teras lainnya yang bisa Anda pilih untuk diaplikasikan pada rumah minimalis adalah teras bergaya elegan. Model teras ini tampak biasa saja, tidak terlalu menonjol.

Sesuai namanya, model teras elegan tidak menonjolkan kemewahan, melainkan lebih mengedepankan fungsi. Teras ini hanya berfungsi sebagai jalan masuk utama, namun kesan elegannya cukup kental. Sementara jika ingin memberikan kesan luas, Anda bisa menggunakan material kaca pada bagian depan bangunan.

Adapun bagi Anda yang menghendaki model teras rumah modern minimalis bisa mengaplikasikan elemen keramik outdoor dengan styling kursi dan sebuah meja mungil. Biar lebih mengesankan atraktif dan dekoratif tambahkan tanaman hias gantung di sekitarnya.

Anda juga bisa mengaplikasikan permainan warna untuk mendapatkan sentuhan homey, seperti memilih hijau pastel untuk dekorasi dinding. Selain itu, penggunaan furnitur kursi dan meja kayu dengan pilihan warna putih.

Itulah beberapa tips agar teras minimalis kamu lebih indah dan rapi. Rumah minimalis juga tetap bisa memiliki teras yang nyaman untuk bersantai, kok!

Tema Artikel:

Rumah Minimalis

Artikel Lainnya:

Tips dan Trik Membuat Taman di Rumah Minimalis Agar Sedap Untuk Dipandang

Perpaduan & Variasi Warna Cat Rumah Minimalis Yang Bagus Tahun 2021

Gambar, Ciri-Ciri & Video Rumah Minimalis Sederhana dan Modern

Pos terkait

BACA JUGA